Home
Profil
Profil Singkat
Struktur Organisasi
Sambutan Kepala Perpustakaan
Pustakawan
Kontak
Browse
Author
Topic
Subject
Popular
Top Reader
Graphic
Author Network
Gender Visitor Chart
Loan Item Network
Publisher Topic Network
Title Year Trend
Topic Chart
Topic Network
Layanan
Pendaftaran Mandiri
Presensi Visitor
e-resources
Layanan Sirkulasi
Referensi dan Serial
Bebas Pinjam
Kartu Sakti
Libinfo
News
Helpk
Panduan
Perpustakaan
Layanan
FAQ
Penulisan
Penelusuran Informasi
Akses Internet
Koleksi
Related links
E-Book
Repository
eJournal
Siakad
Bintang Pusnas
Member
Login
Select Language :
Arabic
Bengali
Brazilian Portuguese
English
Espanol
German
Indonesian
Japanese
Malay
Persian
Russian
Thai
Turkish
Urdu
Search by :
ALL
Author
Subject
ISBN/ISSN
OR TRY
Advanced Search
Last search:
{{tmpObj[k].text}}
Bookmark
Share
Text
ISLAM JAWA: Kesalehan Normatif Versus Kebatinan
Woodward. Mark R
;
Woodward mungkin bukanlah orang pertama yang mempelajari tentang Jawa dan menyuguhkan kepada kita gambaran lain dari masyarakat Jawa. Selain Geertz, ada History of Java dari Thomas S. Raffles, Ben Anderson, De Graaf, T.H Pigeaud, Denys Lombard, M. Ricklefs, Zoetmulder, dan banyak lagi, baik yang mengkaji Jawa secara khusus maupun sebagai bagian dari objek besar: Indonesia. Di kalangan anak bangsa, ada nama Simuh, Damardjati Supadjar, Darmanto Jatman, Purwadi (Kang Pur), dan mungkin beberapa orang lain. Tetapi pengetahuan yang paripurna hanya dapat diperoleh dari pengalaman sehari-hari (sebagai orang Jawa).
Tesis utama Woodward dalam buku ini adalah bahwa Islam Jawa (kejawen) juga merupakan Islam yang mengambil bentuknya yang khas Jawa. Tesis ini dibuktikan dengan penelusuran pada doktrin dan ritual agama Islam (yang bersumber pada al-Qur’an dan Hadits) serta kajian historis kenapa Islam Jawa mengambil bentuknya seperti yang saat ini. Dari penelusuran teks-teks Jawa, seperti babad Tanah Jawa, serat Centhini, serat Cebolek, serat Wirid Hidayat Jati, dan babad-babad lainnya membawa Woodward pada sebuah kesimpulan bahwa ajaran-ajaran kejawen sangat dipengaruhi oleh doktrin Sufi dan pandangan kosmis tentang hubungan antara kemanusiaan dan keilahian. Sinkretisme, seperti yang dituduhkan oleh Geertz sebenarnya tidak terjadi pada Islam Jawa, tetapi adalah sebuah proses Islamisasi terhadap unsur-unsur Hindu-Budha serta tradisi pra-Islam lainnya. Islamisasi ini ditunjukkan dalam beberapa mitologi dan cerita-cerita dalam babad. Bahkan, desain kraton Yogyakarta merupakan simbolisasi doktrin Sufi tentang fase kehidupan manusia dan jalan spiritual yang harus ditempuh oleh Salik. Begitu kuatnya dominasi pemikiran keagamaan wahdatul wujud/manunggaling kawula gusti dari Muhyidin Ibn Arabi dalam ritual keagamaan masyarakat Jawa. Pandangan-pandangan Jawa tentang wahyu, kesakten, tapa, pemujaan terhadap Wali (orang suci), didasari pada doktrin sufi tersebut.
Proses ini bukannya tanpa ketegangan sama sekali. Ketegangan pertama adalah bagaimana Islam Jawa harus menyelesaikan permasalahan syirik dalam warisan-warisan kebudayaan pra-Islam. Persoalan bagaimana menemukan dan memberi landasan teologis atas warisan-warisan pra-Islam, agar keluar dari keterjebakan syirik (sesuatu yang sangat dimurkai oleh Tuhan). Ketegangan selanjutnya terjadi ketika Islam Jawa harus berhadapan dengan paham yang mengedepankan kesalehan normatif (syari’ah sentris), antara wadah dan isi, yang sering disimbolkan dengan pertentangan antara Walisongo dengan Syekh Siti Jenar, Belakangan, konflik ini semakin menajam seiring dengan perkembangan teknologi transportasi dan orientasi kaum santri berpindah dari India Selatan (dan Persi) ke Mekkah, yang kemudian muncul gerakan puritanisme. Konflik ini dijelaskan secara simbolik dalam serat Centhini dan Cebolek.
Konsep kerajaan di Jawa, merupakan konsep yang mencoba untuk mendamaikan dua kecenderungan utama model keagamaan orang Jawa tersebut, dengan mendasarkan pelaksanaannya pada teori mistik Jawa. Teori mistik Jawa sangat kompleks dan beragam. Interpretasi esoteric dan eksoterik atas berbagai aspek doktrin Islam, simbolisme Jawa, dan literature wayang dilakukan dengan memakai prinsip metafisika yang berasal dari tradisi sufi Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Timur Tengah. Dengan konsep yang mencoba menyeimbangkan antara wadah dan isi, serta kosmologi Islam (Jawa), maka kesultanan merupakan pusat kosmos dengan menempatkan Sultan sebagai model mistikus sejati (yang mampu mencapai penyatuan Ilahi), sekaligus sebagai penjaga syari’at (Kalifatullah Ngabdurrahman sayyidin Panotogomo). Sultan sebagai isi, dan rakyat kesultanan sebagai wadah. Sebuah proses yang mungkin bagi kita adalah proses legitimasi kekuasaan Sultan terhadap rakyat, tetapi ini menghasilkan keseimbangan dalam masyarakat Jawa.
Buku ini juga secara terinci membahas mitos-mitos seputar Sultan dan Wali, hubungan kesultanan dengan penguasa Laut Kidul, konflik-konfil yang muncul antara kesalehan normatif (kaum santri) dengan kebatinan (kejawen), serta bagaimana sejarah dan ramalan memegang peranan penting dalam pemahaman keagamaan orang Jawa, serta kesultanan pada khususnya. Kajian ini menggunakan pendekatan dan sudut pandang yang benar-benar berbeda dari kajian tentang Jawa sebelumnya, sehingga akan memberikan gambaran lain tentang keagamaan orang Jawa.
Setidaknya, dengan membaca buku ini, kita jadi memahami kenapa ada anggapan bahwa orang Jawa tidak akan pernah jadi orang Islam, dan orang Islam juga tidak bisa menjadi Jawa, sehingga pilihannya hanyalah diametral belaka: menjadi orang Jawa atau orang Islam. Dan kita juga menjadi mengerti tentang pandangan santri tentang kejawen, dan menjadi tidak heran ketika kita sejak kecil sudah dididik secara Islam (baca: kesalehan normatif) daripada secara Jawa (kebatinan).
Tetapi yang menarik dalam buku ini adalah fakta bahwa sejak dahulu orang Jawa sudah begitu akrab dengan pemikiran-pemikiran sufistik (teosofis) Muhyidin Ibnu ‘Arabi (yang bergelar Syaikhul Akbar), terutama melalui magnum opus-nya, Futuhat Al Makkiyah dan Fushush al Hikam. Dan sepertinya sebagian besar teori mistik Islam Jawa didasarkan pada pemikiran Ibnu ‘Arabi.
Detail Information
Call Number
297.67 WOD i
Publisher
jogyakarta
:
.,
2017
Collation
430 hlm: 2,5 cm: XX
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-769-624-2
Classification
297.67 WOD i
Subject(s)
ISLAM-JAWA
KEBATINAN
PERKEMBANGAN-iNDONESIA
Viewer
122
Availability
Call Number
Location
Available
On Loan
0075.PB.2018
My Library
1
0
File Attachment
No Data
Other version/related
Title
Edition
Language
Al Masuliyyah al i'maliyah fi al Islam
id
Al Samahatu fi al Islam wa al masihiyyah / Ibrahim Ahmad al Waqfi
ar
Al irhab shina'ah ghoiri islamiyyah / Nabil Luqo Babaway
ar
Sejarah hidup Muhammad oleh Muhammad Husain Haekal; diterjemahkan dari bahasa Arab Ali Audah
lain
Al Nubuwaat
ar
Comments
You must be logged in to post a comment
E-Resources
E-resources are information resources that are provided and accessed electronically, such as electronic journals (e-journals), electronic books (e-books), and other online references.
Select the topic you are interested in
×
Computer Science, Information & General Works
Philosophy & Psychology
Religion
Social Sciences
Language
Pure Science
Applied Sciences
Art & Recreation
Literature
History & Geography
Browse by Popular
Browse by Color Cover
Advanced Search
×
Title
Author(s)
Subject(s)
ISBN/ISSN
Publish Year
Location
All Locations
My Library
Perpustakaan Pondok Pesantren Al-Hikam Malang
Perpustakaan STAIMA Al-Hikam Malang
GMD
All GMD/Media
\"
122 hlm\",,Rs 297.1207 ROZ k,I
67 hlm\",,Rs 297.207 MAU i,Ind
67 hlm\",,Rs 297.207 SUW i,Ind
67 hlm\",,Rs 297.71 SUD p,Indo
71 hlm\",,Rs 297.12 MUS i,Indo
72 hlm\",,Rs 370.114 FEB n,Ind
80 hlm\",,Rs 371.12 MUS u,Indo
83 hlm\",,Rs 297.1230 PRA p,In
Art Original
Cartographic Material
CD-ROM
Chart
Computer File
Computer Software
Digital Versatile Disc
Diorama
Electronic Resource
Equipment
Filmstrip
Flash Card
Game
Globe
GMD
Kit
Manuscript
Map
Microform
Microscope Slide
Model
Motion Picture
Multimedia
Music
Picture
Realia
Slide
Sound Recording
Technical Drawing
Text
Transparency
Type Buku
Video Recording
Collection Type
All Collections
[RS] Biografi
[RS] Direktori
[RS] Ensiklopedia
[RS] Kamus
[RS] Skripsi
[RT] Tesis
Fiksi
Kitab Kuning
Non-Fiksi
Referensi
Tafsir
Where do you want to share?
×
More
Home
Search
News
Member
Menu
Select Language
Select Language :
Arabic
Bengali
Brazilian Portuguese
English
Espanol
German
Indonesian
Japanese
Malay
Persian
Russian
Thai
Turkish
Urdu
Information
Browse Author
Browse Topic
Browse Popular
Browse Top Reader
Browse Subject
Librarian
News
Graphic
Visitor
Help
Related link ⬇️
💎
Web Perpus
📘
E-Book
📁
Repository
👨🎓
Siakad
🔍
e-Journal
🏫
Kampus Web
📪
E-Surat
📖
e-Litapdimas
🎓
Daftar Kampus